Selasa, 27 Desember 2016

Din : Umat Islam Saat Ini Belum Tampil Sebagai Tuan di Rumah Sendiri

YOGYAKARTA – Umat Islam di dunia maupun di Indonesia saat ini menurut Din Syamsuddin, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2015 belum mampu menghadirkan kehidupan yang berkemajuan, dan belum mampu menampilkan dinamika kebudayaan, peradaban, sebagaimana telah dilakukan oleh umat Islam pada abad-abad sebelumnya.

“Ketika umat Islam dulu mampu memberikan supermasi peradaban dunia, dan berhasil memberikan penemuan-penemuan mutakhir, baik dalam bidang kesehatan, ekonomi, maupun sosial. Namun hal tersebut tidak lagi ditemukan pada umat Islam saat ini,” ujar Din, Senin (26/12) malam, ketika mengisi Tabligh Akbar dalam rangka Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke 56 di Islamic Center UAD.

Penyebab dari permasalahan yang ada, menurut Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Labu tersebut, umat Islam saat ini belum tampil sebagai tuan di rumah sendiri. “Saat ini dalam menghadapi suatu permasalahan, umat Islam kerap menyalahkan pihak-pihak eksternal, namun cobalah untuk muhasabah, koreksi lah diri masing-masing,” ucap Din.

“Jika kita hanya mampu menuduh, maka kita tidak akan pernah bisa membangun diri,” tegas Din.

Padahal menurut Din, jika umat Islam bersatu, pihak-pihak luar tidak akan pernah mampu menggoyahkan kekuatan umat Islam. “Namun sayangnya umat Islam saat ini belum bersatu, yang ada hanya berseteru antar sesama umat Islam,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Din mengajak kepada seluruh warga Muhammadiyah dan umat Islam di Indonesia untuk bersama-sama tampil sebagai umat Islam yang memiliki sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas. “Mari bersama-sama kita tingkatkan kualitas diri, dan juga kualitas berfikir, agar kita mampu menjadi umat Islam yang menang,” tutup Din.

Sumber : muhammadiyah.or.id

0 komentar:

Posting Komentar